Kamis, 29 Oktober 2015

CARA MENCARI FILE DI GOOGLE DENGAN FORMAT SPESIFIK (WORD,PDF,EXCEL)

  • PERTAMA
Silahkan anda buka halaman web pencarian google di http://www.google.com
Selanjutnya silahkan klik pada menu “Setelan” kemudian silahkan anda pilih dan klik pada menu “Penelusuran Lanjutan”.
  •  KEDUA
Setelah itu, kemudian browser akan menampilkan halaman Penelusuran Lanjutan. Silahkan anda lakukan scrol atau menggeser halaman sedikit ke bawah dan coba anda perhatikan pada baris “Jenis File”
Nah, di sini lah tahapan kunci dari tulisan ini. Sekarang anda harus menentukan pilihan format file atau tipe file apa yang akan anda cari atau anda temukan. Silahkan tentukan file yang anda maksud seperti :
  1. .pdf untuk file Adobe Acrobat PDF
  2. .doc untuk file Microsoft Word
  3. .xls  untuk file Microsoft Excel atau
  4. .ppt untuk file Microsoft Poweroint
  • KETIGA
Setelah anda tentukan file yang akan anda cari atau anda telusuri, selanjutnya silahkan klik tombol “Penelusuran Lanjut”
Sampai pada tahap ini browser akan menampilkan hasil pencarian yang berkaitan dengan format file yang anda pilih tadi. Coba anda perhatikan pada kotak pencarian, di sana ada kata kunci yang secara otomatis muncul ketika anda telah melakukan setelan untuk penelusuran lanjutan tadi. Selanjutnya silahkan anda ketik kata kunci untuk pencarian sebelum kata kunci ini “filetype:pdf”, seperti misalnya :
Cara membuat blog filetype:pdf
Sekarang, anda sudah tau cara menacari file dengan format atau tipe file yang lebih spesifik. Anda hanya perlu menambahkan kata kunci tambahan ini “filetype:(tipe file yang ingin dicari)” di belakang kata kunci pencarian, misalnya anda ingin mencari file tentang cara membuat blog dalam format Adobe Acrobat PDF, maka anda cukup menambahkan kata kunci spesifik “filetype:pdf” di belakang kata kunci yang anda cari tadi tanpa perlu masuk ke setelan penelusuran lanjutan lagi, yang perlu anda ketahui dan harap diingat adalah jenis file untuk format tertentu tadi apakah doc, ppt, xls, pdf atau lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar